Jumat, 24 Juli 2009

Laku Ritual Ketua Wisata Blogger Wonosobo 2009...:)


Menjadi seorang Ketua Panitia Wisata Blogger Wonosobo tentunya bukan hal yang ringan apalagi acara ini diselenggarakan dengan mengandalkan semangat dan doa. Perlu suatu persiapan tirakatan khusus agar para sesepuh ,peserta, dan wadyobolo bisa selamat tanpa halangan tertentu. Dengan tekat teguh sang Ketua ini berjalan dengan gagah mencari “sarana” njajah deso milang kori…(baca: ke desa Talunombo) untuk bisa….beli batik…eh tirakatan

Setelah tiba disana sang Ketua berkonsultasi dengan “orang tua” untuk dapat mendapat wangsit yang tepat agar acara berjalan lancar. Sang orang tua berkata “kalau sampeyan mau sukses di acara ini, sampeyan musti turun dari kendaraan kalau lewat Bendosari dan siap untuk mendorong kendaraan sampeyan naik, yang kedua dalam pejalanan nanti setiap berjalan 20 sampai 30 meter kendaraan sampeyan musti berhenti”


Tanpa menunggu waktu lama, sang Ketua diikuti anak buah segera memacu mobilnya, dan memang sesuai sabda oran tua tadi, di Bendosari mobil tidak bisa naik sehingga perlu didorong,dan setiap jalan 20 sampai 30 meter,mobil selalu mati mesin. Sungguh waskitho…



Karena harus bertemu Kanjeng Bupati maka Sang Ketua berhenti mencari ‘Second opinion” agar perjalanan bisa lebih cepat,dan sampailah kesuatu tempat yang konon banyak “orang pintar” (pintar mbetulin mesin) dan mulailah ritual perbaikan Kiai Taft kendaraan tunggangan sang Ketua.


Di frame yang lain, Bu bendahara sibuk mencari makna-makna wangsit yang didapat dalam perjalanan di kitab-kitab daun lontar yang dibawanya. Setiap kata-demi kata dicermati agar Kiai Taft ini bisa berjalan dengan ilmu “tatar bayu”

Setelah dirasa cukup, perjalanan dilanjutkan, namun selang 1 kilometer, Kiai Taft kembali keselera asal, bergerak sangat lambat dan mati setiap jalan 20 – 30 m. Ternyata sang Ibu Bendahara salah dalam mengeja huruh jawa kuno yang dibawanya sehingga salah dalam membaca mantra.



Ketegangan mulai terasa, hingga mulai berdampak kepada fisik para wadyabala, akhirnya dengan semangat lapar dan haus, mampir ke sebuah tempat yang paling ”wingit”...yaitu Warung Kelontong untuk membeli ransum. Dan segeralah ritual ”tumpengan” ala kadarnya dimulai.



Perjalanan terus dilanjutkan pantang menyerah demi suksesnya Wisata Bloger Wonosobo 2009 (ehm...), akhirnya sampailah rombongan memasuki Kadipaten Wonosobo dengan tertatih-tatih. Kedatangan Ketua disambut dengan hangat oleh seorang Tumenggung yang segera mengalirkan tenaga dalam agar Kiai Taft dapat segar kembali.

Akhirnya setelah perjalanan 6 jam dari Talunombo ke kadipaten Wonosobo,sampailah di Pendopo Kadipaten dan langsung ditemui oleh Tetua Panitia Wisata Blogger Eyang Ha Piya Piye dan segera berdoa di depan Kiai Taft dengan doa yang sangat sulit-sulit menggunakan bahasa Basic dan PHP agar Kiai Taft dapat sembuh seperti sedia kala. Sang ketua dan wadya bala bersorak dengan ngantuk..(baca gembira,Red), dan segera ke Pendopo Kadipaten untuk menerima penghargaan yaitu...makan malam (jam 11.00 waktu pendopo)..TANCEP KAYON




2 Comentários:

Danang Hari Purnomo mengatakan...

Luar biasa kanjeng Tumenggung Bimo, Saya selaku Ket Tua ..hehe ( ngaku-ngaku ), padahal kalo panjenengan Maos Jawa pos radar semarang edisi sabtu 250709 sang ketua sudah jelas tertulis di situ.. lho, saya khawatir ini artikel nanti banyak yang protes.
Tapi saya jadi termehek-mehek setelah baca. Maturnuwun panjenengan bisa ngeposting perjuangan laku prihatin kita..
Bagaimanapun..dalam rangkaian hari jadi ini..woonosobo jadi punya dua rekor muri. Rias 2000 wajah dan rekor perjalanan terlama sepanjang sejarah..hehee ( judulnya " ENAM JAM DI JALAN TALUNOMBO WONOSOBO " )
gimana kalo dibuat skenario..huauauhaa
saya jadi kepikiran kalo esoknya kita jadi lanjut ke dieng, mungkin rekor baru bisa tercipta. Dua hari dua malam di perjalanan Wonosobo Sikunir.....
Nuwun..Wassalam..Tabik...
Dan Ang .. H_P

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum wrb salam persaudaraan,perkenalkan saya Sri Wulandari asal jambi,maaf sebelumnya saya hanya mau berbagi pengalaman kepada saudara(i) yang sedang dalam masalah apapun,sebelumnya saya mau bercerita sedikit tentang masalah saya,dulu saya hanya penjual campuran yang bermodalkan hutang di Bank BRI,saya seorang janda dua anak penghasilan hanya bisa dipakai untuk makan anak saya putus sekolah dikarenakan tidk ada biaya,saya sempat stres dan putus asa menjalani hidup tapi tiap kali saya lihat anak saya,saya selalu semangat.saya tidak lupa berdoa dan minta petunjuk kepada yang maha kuasa,tampa sengaja saya buka internet dan tidak sengaja saya mendapat nomor tlpon Aki Sulaiman,awalnya saya Cuma iseng2 menghubungi Aki saya dikasi solusi tapi awalnya saya sangat ragu tapi saya coba jalani apa yang beliau katakan dengan bermodalkan bismillah saya ikut saran Aki Sulaiman saya di ritualkan dana gaib selama 3 malam ritual,setelah rituialnya selesai,subahanallah dana sebesar 2M ada di dalam rekening saya.alhamdulillah sekarang saya bersyukur hutang di Bank lunas dan saya punya toko elektronik yang bisa dibilang besar dan anak saya juga lanjut sekolah,sumpah demi Allah ini nyata tampa karangan apapun,bagi teman2 yang mau berhubungan dengan Aki Sulaiman silahkan hub 085216479327 insya Allah beliau akan berikan solusi apapun masalah anda mudah2han pengalaman saya bisa menginspirasi kalian semua,Assalamualaikum wrb.JIKA BERMINAT SILAHKAN HUB AKI SULAIMAN 085-216-479-327,TAMPA TUMBAL,TIDAK ADA RESIKO APAPUN(AMAN) .

Posting Komentar

Jatiningjati: different taste more idealism © 2008 Template by Dicas Blogger.

TOPO